Energi

Energi adalah kemampuan untuk melakukan kerja atau usaha. Energi dapat mengalami perubahan dari satu bentuk ke bentuk yang lain. Energi dihasilkan noleh sumber energi.

A.  Sumber Energi

Sumber energi merupakan segala sesuatu yang ada di sekitar yang dapat menghasilkan energi. Sumber energi dapat berupa sumber energi primer dan sumber energi sekunder.

1.  Sumber Energi Primer
a.  Matahari
Matahari merupakan sumber energi yang paling penting bagi kehidupan manusia. Energi cahaya matahari dapat dimanfaatkan tumbuhan untuk fotosintesis. Fotosintesis adalah proses membuat makanan pada tumbuhan. Panas matahari juga dapat dimanfaatkan manusia untuk mengeringkan pakaian, menjemur ikan, memanaskan air, serta menghasilkan listrik.

Panas matahari dapat dimanfaatkan untuk menjemur pakaian.

b.  Air
Air diperlukan makhluk hidup untuk minum dan mencuci. Namun air juga dapat dimanfaatkan untuk memutar kincir air dan membangkitkan listrik.

Animasi video pemanfaatan air sebagai pembangkit listrik.

c.  Angin
Angin dimanfaatkan untuk menghasilkan energi gerak. seperti dapat memutar kincir angin, mendorong perahu layar, dan mengeringkan pakaian serta dapat juga sebagai pembangkit tenaga listrik.

d.  Makanan
Makanan dapat berasal dari tumbuhan dan hewan. Bahan makanan menghasilkan energi kimia bagi tubuh yng kemudian diubah menjadi energi gerak dan energi panas dalam melakukan aktivitas sehari-hari.

2.  Sumber Energi Sekunder
a.  Bahan Bakar Fosil
Bahan bakar fosil dihasilkan oleh sisa-sisa makhluk hidup yang terkubur dalam bumi selama berjuta-juta tahun lamanya. seperti minyak bumi, batu bara, dan gas alam. Minyak bumi diolah menjadi berbagai bahan bakar, misalnya minyak tanah, bensin, dan solar.

Bahan bakar fosil diperoleh dengan cara melakukan penambangan.

b.  Listrik
Listrik adalah sumber energi sekunder yang dihasilkan dari sumber energi lain. Listrik banyak dimanfaatkan dalam kehidupan sehari-hari seperti untuk menyalakan peralatan elektronik.

B.  Perubahan Bentuk Energi

energi tidak dapat diciptakan dan dimusnahkan, energi hanya dapat diubah dari satu bentuk ke bentuk yang lain. Misalnya energi panas, energi cahaya, energi gerak, energi bunyi, energi kimia, dan energi listrik.

Energi kimia pada baterai berubah menjadi energi cahaya pada senter.


Referensi:

1.  ESPS IPA Kelas IV SD/MI oleh Irene, Khristiyono - Jakarta: Penerbit Erlangga, 2016

2.  http://i8lnb3omswo28b2392u76oqf.wpengine.netdna-cdn.com/wp-content/uploads/
     2013/07/jpg_laundry201-676x584.jpg

3.  https://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/thumb/c/ce/Oil_well.jpg/220px-Oil_well.jpg

4.  https://supriyadikaranganyar.files.wordpress.com/2012/07/3b-senter-sumber-kawachi-co-id.jpg

5.  https://youtu.be/9Ow7E0sXd_s

Posting Komentar

Designed by OddThemes | Distributed by Gooyaabi Templates