Gaya

Dalam kehidupan sehari-hari tanpa kita sadari telah melakukan kegiatan yang berhubungan dengan gaya. Pada saat kita membuka atau menutup pintu kita telah melakukan gaya yang berupa dorongan dan tarikan.Gerakan mendorong atau menarik yang menyebabkan benda bergerak disebut gaya. Gaya yang dikerjakan pada suatu benda akan mempengaruhi benda tersebut. Gaya terhadap suatu benda dapat mengakibatkan benda yang semula diam menjadi bergerak, menyebabkan benda yang semula bergerak menjadi berhenti atau berubah arah, atau merubah bentuk benda.

Besar kecilnya gaya ditentukan oleh kuat atau lemahnya tarikan atau dorongan. Besar kecilnya gaya dapat diukur dengan alat dinamometer. Satuan gaya adalah newton atau dyne. Kata Newton diambil dari nama Sir Isaac Newton, seorang ahli matematika dan ilmuwan besar. Besarnya gaya yang diperlukan untuk menarik benda akan ditunjukkan oleh jarum pada skala dinamometer.

A.  Pengaruh Gaya terhadap Benda

Menarik atau mendorong sebuah benda berarti kita telah memberikan gaya. Dorongan atau tarikan pada benda dapat mempengaruhi benda, antara lain sebagai berikut:
1.  Gaya Mengubah Bentuk Benda
2.  Gaya Mempengaruhi Benda Diam
3.  Gaya Mempengaruhi Benda Bergerak
4.  Gaya di Dalam Air

Untuk lebih memahami lebih jelas lagi tentang pengaruh gaya terhadap benda, silahkan pelajari video berikut ini:


B.  Macam-Macam Gaya

1.  Gaya Gesek
Gaya gesek merupakan gaya yng ditimbulkan akibat permukaan dua benda yang saling bersentuhan. Semakin kasaar permukaan suatu benda, gaya geseknya semakin besar.
a.  Manfaat Gaya Gesek
1)  Gaya gesek dimanfaatkan saat mengerem sepeda. Kampas rem akan memberikan
     gaya gesek pada pelek roda sehingga menghambat perputaran roda.


2)  Permukaan ban dibuat beralur agar supaya dapat memperbesar gesekan ban
     dengan jalan. Tujuannya untuk mencegah kendaraan tergelincir.


2.  Gaya Grativitasi
Gaya gravitasi merupakan gaya tarik yang dialami suatu benda terhadap pusat bumi. Akibatnya semua benda yang jatuh ke bumi akan tertarik ke arah pusat bumi. Contohnya; buah kelapa yang jatuh ke bawah, bola yang dilempar akan jatuh ke bawah.
a.  Manfaat Gaya Gravitasi Bumi
1)  Benda-benda yang ada di bumi tidak terlempar ke luar angkasa.
2)  Air laut menjadi tidak tumpah dan tetap pada tempatnya di bagian terdalam
     permukaan bumi.
3)  Manusia dapat berjalan di atas permukaan tanah.

3.  Gaya Magnet
Gaya magnet adalah gaya yang ditimbulkan oleh tarikan atau dorongan dari benda magnet. Benda-benda yang dapat ditarik atau didorong oleh magnet disebut benda magnetis. Adapun benda-benda yang tidak dapat ditarik oleh magnet disebut benda nonmagnetis.
a.  Manfaat Gaya Magnet
1)  Penerapan gaya magnet pada kompas untuk menunjukkan arah.
2)  Magnet juga berguna untuk memindahkan benda-benda berat yang terbuat dari besi.

4.  Gaya Otot
Gaya otot adalah gaya yang dihasilkan oleh otot mausia atau hewan. Kita memanfaatkan gaya otot dalam kehidupan sehari-hari, misalnya untuk bermain, menulis, berjalan, dan membawa barang.


5.  Gaya Listrik
Gaya listrik adalah gaya yang ditimbulkan oleh benda bermuatan listrik. Listrik mempunyai dua muatan, yaitu muatan positif dan muatan negatif. Benda yang bermuatan listrik sejenis jika berdekatan akan tolak-menolak. Sebaliknya, benda bermuatan listrik tidak sejenis akan tarik-menarik. Contohnya; listrik statis yaitu penggaris plastik yang digosokkan ke rambut, dapat menarik potongan kertas. Karena memiliki muatan listrik pada penggaris plastik.


Referensi:

1.  ESPS IPA Kelas IV SD/MI oleh Irene, Khristiyono - Jakarta: Penerbit Erlangga, 2016

2.  http://www.studiobelajar.com/image

3.  http://kampoengilmu.com/image

4.  https://produto.mercadolivre.com.br/image

5.  https://arsyadriyadi.blogspot.com/2016/11/manfaat-gaya-gesekan-
     dalam-kehidupan.html

6.  https://youtu.be/Ft5X-vD0kT0

Posting Komentar

Designed by OddThemes | Distributed by Gooyaabi Templates