Sumber Daya Alam

A.  Jenis Sumber Daya Alam
Sumber Daya Alam merupakan semua bahan yang berasal dari alam dan bermanfaat bagi kehidupan manusia. Berdasarkan jenisnya, sumber daya alam terbagi menjadi dua, yaitu sumber daya alam yang dapat diperbaharui dan tidak dapat diperbaharui.

1.  Sumber Daya Alam yang Dapat Diperbaharui
sumber daya alam yang dpat diperbaharui merupakan sumber daya alam yang terus-menerus tersedia di alam dan jika berkurang akan dipulihkan kembali. Contohnya hewan, tumbuhan, air, tanah, dan udara.

2.  Sumber Daya Alam yang Tidak Dapat Diperbaharui
sumber dya alam yng tidak dapat diperbaharui merupakan sumber daya alam yang akan habis jika digunakan terus-menerus. Contohnya minyak bumi, batubara, gas alam, dan logam.

Animasi proses pembentukan minyak bumi

B.  Pemanfaatan Sumber Daya Alam
Manusia memanfaatkan sumber daya alam yang ada di sekitarnya untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Contohnya air untuk minum, mandi, dan mengairi sawah; udara untuk bernapas, serta tanah untuk bercocok tanam dan membangun tempat tinggal.

Hewan dan tumbuhan juga dapat dimanfaatkan oleh manusia antara lain sebagai sumber makanan, hewan kerbau dimanfaatkan tenaganya untuk membajak sawah, tumbuhan untuk bahan obat-obatan dan bumbu masakan, seperti jahe, kunyit, lada, dan pala.

Kerbau dapat dimanfaatkan tenaganya untuk membajak sawah

Referensi:

1.  ESPS IPA Kelas IV SD/MI oleh Irene, Khristiyono - Jakarta: Penerbit Erlangga, 2016

2.  http://www.gambarlucugif.xyz/2016/06/foto-kerbau-membajak-sawah.html

3.  https://youtu.be/l3nIJvCBPYI

1 komentar :

  1. blognya keren. sudah ada menu-menu dan jargon blognya berbagi informasi dunia pendidikan. izin meninggalkan jejak ya bu. dari saya . . . .

    BalasHapus

Designed by OddThemes | Distributed by Gooyaabi Templates